Wong sabar bakale subur, itulah umumnya orang jawa mengungkapkan rasa sabar dalam komunikasi sehari-hari, artinya orang yang sabar akan memetik keberhasilan. Kalau di pedesaan yang bercocok tanam senantiasa punya sifat sabar karena tiap pagi harus kesawah, kadang malam kalau musim kemarau harus bangun untuk mengaliri sawahnya juga menunggu 3-4 bulan untuk memetik hasil pertanian.

Keberhasilan adalah keinginan alamiah, harapan dan impian yang dipunyai setiap manusia normal. Seseorang yang mempunyai keberhasilan tidak secara mendadak dalam memperoleh berhasil melainkan melalui proses dan proses ini membutuhkan waktu dan waktu membutuhkan kesabaran, seorang peternak ayam pun memetik hasilnya harus menunggu sampai 3 bulan, juga seorang ayah dan ibu yang menunggu lahirnya seorang putra membutuhkan waktu 9 bulan.

Dari kisah diatas sangat berartilah bahwa untuk memperoleh keberhasilan sesuatu tidak hanya faktor-faktor yang dibutuhkan yang harus ada melainkan juga kesabaran pada diri pelaku.

Kesabaran adalah sifat Bumi, bumi ada 2 yaitu bumi bawah yang berarti tanah dan bumi atas yang berarti langit, kalau dalam sikap gerakan seperti orang duduk, kalau dalam warna berwarna hitam.

Didalam kesabaran sangat dekat / hampir melekat sesuatu yang “hebat” , maka kesabaran adalah utama dalam meraih keberhasilan, kalau dalam diri manusia adalah watak sabar, dalam organ manusia adanya darah hitam yang akan mengental dan terjadi dengan pelan, juga pada bulu dikulit dan rambut dikepala serta rambut-rambut ditempat lain.